Tuesday, March 14, 2017

SKRIPSI PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP EDUCATION TERHADAP KETERAMPILAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA REMAJA PUTRI

RINGK
ASAN

PENGARUH PENDIDIKAN  KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP
EDUCATION TERHADAP KETERAMPILAN  PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI 
(SADARI) PADA REMAJA PUTRI DI SMKN 2
KOTA KEDIRI TAHUN 2016

RINGKASAN

Kanker payudara menurut WHO (Word Health Organization) menduduki peringkat kedua setelah kanker leher rahim (Rikesda, 2013). SADARI merupakan langkah awal yang penting untuk mengetahui secara dini adanya tumor atau benjolan pada payudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode peer group education terhadap keterampilan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada remaja putri di SMKN 2 Kota Kediri tahun 2016.


Desain Penelitian ini yaitu Pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswi kelas X di SMKN 2 Kota Kediri. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan checklist. Analisa untuk menguji hipotesis menggunakan uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tabulasi silang antara sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan dengan metode peer group education dari 25 reponden, 19 responden (76,0%) tidak terampil sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan metode peer group education 5 responden (20,0%) mengalami peningkatan menjadi kurang terampil, 14 responden (56,0%) dari yang tidak terampil menjadi terampil, sedangkan 6 responden (24,0%) dari yang kurang terampil  mengalami peningkatan menjadi terampil semuanya
Berdasarkan hasil uji statistik wilcoxon signed rank  diperoleh nilai p Value = 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata (α=0,05) sehingga dapat dikatakan  p < α maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh pendidikan  kesehatan dengan metode peer group Education terhadap keterampilan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada remaja putri di SMKN 2 Kota Kediri tahun 2016.
Hasil penelitian ini perlu untuk dikembangkan lebih lanjut lagi dengan adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi keterampilan SADARI serta mengembangkan metode-metode lain dalam memberikan pendidikan kesehatan selain menggunakana peer group education.


Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Peer Group Education, Keterampilan, SADARI, dan Remaja Putri.

No comments:

Post a Comment